Senin, 05 Mei 2014

Mengapa Bumi Mengelilingi Matahari

Tata surya kita terdiri dari satu bintang bernama matahari, bersama dengan delapan planet yang setia mengelilinginya. diantara delapan planet itu terdapat sebuah planet tempat kita tinggal. ya! planet itu biasa kita sebut BUMI. Mengapa Planet Bumi mengelilingi Matahari? Padahal ada jutaan bintang-bintang di alam semesta ini. Kenapa Planet Bumi tidak pergi ikut bintang lain saja?


Pernahkan olehmu terpikir pertanyaan semacam itu? Mungkin kamu tergelitik dengan pertanyaan itu ketika melihat bintang berkelap kelip di langit malam. Yaps, alam semesta memang mempunyai banyak bintang. Jumlahnya mencapai milyaran.

Kenapa Planet Bumi dan planet lain tidak bisa jalan-jalan ke bintang lain, ya? Kenapa planet di Tata Surya tidak pindah mengelilingi bintang tetangga? Hmm, penyebabnya adalah karena Matahari mempunyai gravitasi atau gaya tarik yang sangat besar. Artinya, Matahari selalu berusaha menarik Planet Bumi agar jatuh ke Matahari. Uniknya, Planet Bumi juga berusaha mempertahankan diri agar tidak jatuh tertelan Matahari. planet-planet terkunci mengelilingi Matahari karena gaya tarik Matahari sangat besar. 

Planet Bumi bisa bertahan tidak ditelan Matahari karena Planet Bumi mempunyai massa dan kecepatan. Planet Bumi selalu berlari mengelilingi Matahari supaya tidak ditelan gaya tarik Matahari. sebenarnya arah pergerakan planet bumi tidaklah melingkat, tapi memiliki lintasan beruapa garis lurus, gaya tarik mataharilah yang menyebabkan bumi terus bergerak mengitari matahari. 

Wah, jika Planet Bumi berhenti bergerak, maka Planet Bumi akan ditarik dan ditelan Matahari. Gaya tarik Matahari ini juga menyebabkan Planet Bumi tidak bisa meninggalkan Matahari. Planet Bumi seperti terkunci pada Matahari.

Nah, seandainya Planet Bumi malas-malasan berlari, maka Planet Bumi akan ditelan Matahari. Seram, ya!

Tidak ada komentar: